Tutorial How to make a Simple Dark Poster

on

Hellow guys..saya kembali lagi~ ditutorial ini saya akan kembali lagi membahas nuansa gelap alias horror. Walaupun saya tidak tahu tutorial ini memang terlihat nuansa gelap  atau tidak, tetapi  apakah salah untuk membagi pembelajaran ini? How to make a simple dark poster? -by AmmabeLau17


Hellow guys .. I’m back again~ in this tutorial I will be back again to discuss horror aka dark shades. Although I don’t know this tutorial does look dark shades or not, but what’s wrong to share this learning? How to make a simple dark poster? -by AmmabeLau17

Stock  :

tumblr_mk0dcoPb641qekqk6o1_500

 

Stock 2  texture :

Dark-Other-34904-626977 soj_texture2_by_sathirien

Stock 3 PSD colors :

psd__47_by_evey_v-d6032s5

Coloring PSD # 2 : Dark Burns by quixotticPSD Beautiful Effect by Heavensinyoureyes

Click the image if you want visited and download the file


Oke, Lets Start!

1. Buka aplikasi photoshop kalian. Disini, aku memakai CS6

2. Setelah dibuka, click New / CTRL+N : set canvas 500 x 700 : Background Contents : Transparent dan warnai layernya menjadi hitam lalu klik Oke.

3. Masukkan gambar perempuannya ke posisi yang diinginkan. Lalu hapus yang menurut kalian tidak penting.

 1-t2

4. Step ini aku coba dari Sehoonbby♥  #terimakasih^^ Layer perempuannya di Duplicate Layer / CTRL+J dan digeser sedikit spserti efek Motion Blur degan opacity : 49% dan Fill : 50% .

2-t2

5. Mari kita masukkan Texture yang pertama. Masukkan gambar texturenya dan letakkan dibawah Layer perempuan / letakkan paling bawah. Set Opacity : 56% dan Fill : 52% .

3-t2

6. Lalu kita masukkan lagi texture keduanya. Hapus sisi gambar yang menutupi wajah perempuannya, dan letakkan gambar ditempat yang diinginkan. Ubah blending mode-nya ke Hard Light, set opacity : 55% dan Fillnya : 88%.

4-t2

7. Its time to PSD colors..mari kita masukkan file PSDnya. Untuk PSD pertama set opacitynya : 81% lalu PSD color yang kedua diubah : 21% dan PSD color yang terakhir ubah opacitiynya : 28% .

5-t2 6-t2 7-t2

8. Untuk mempertajam suasana posterya, aku pakai Curves dan Exposure. Bagi kalian yang punya cara lain, bisa dikresikan sendiri ya~

8-t2

9. Pre-Finall, kita hias sedikit dengan brush kupu-kupu. Sebenarnya itu terserah kalian… aku iseng pakai kupu-kupu karena tokohnya cewek ._. #apahubungannya-_-

9-t2

10. Finally, kita beri Pattern dengan opacity : 91% dan Fill : 84%. Ubah blending mode pattern menjadi Overlay. Dan setelah itu, kalian bisa tulis judul posternya dan lainnya.

10-t2

And the last finall, This is it.. Tadaaa~

reika-vers2

 Apaan iniii?? sepertinya absurd ya? -_- sebenarnya ini poster untuk cerita poject ff aku tapi dari pada ditinggalkan #? saya sharing deh untuk tutorial ini^^ ada yang ingin bertanya? Monggo, dipersilahkan..PLEASE DONT CLAIM THE TUTORIAL AS YOURS! tutorial ini ditulis oleh AmmabeLau17. Sekian dari pembelajaran sederhana ini dan semoga bermanfaat^^  See you next time~

Cheers

AmmabeLau17

31 Comments Add yours

  1. Pinkfairy berkata:

    THEAA MENGAPA DIRIMU PINTAR SEKALI BIKIN POSTER SOFT DARKKKK u<

    Suka

    1. AmmabeLau17 berkata:

      kamu bisa aja ._.V terima kasih~ ^^

      Suka

      1. Pinkfairy berkata:

        Ihh tapi itu beneran loh’-‘v hihii sama-samaa

        Suka

  2. Pinkfairy berkata:

    eh komennya kepotong ;u;

    keliatannya simple tapi ada beberapa hal yang bisa aku pelajari (y) kamu bisa bangetsiiii ngapusnya pas gitu di tipa poster soft atau dark. sebenernya kenapa aku bilang aku gak begitu bisa bikin poster soft atau dark gara-gara soal hapus menghapus ituuuu. gimana caranya biar foto castnya bisa nyatu ama foto yang ini atau yang itu aku masih gak begitu bisa #curcol. ;u;

    well, pokoknya tutorialnya bagus kok. ngejelasinnya juga gak belibet-libet. thea keren oke?! XD

    Suka

    1. AmmabeLau17 berkata:

      potong bebek angsa..angsa dikuali, nona minta dansa,dansa empat kali #eehh nyanyi -_-

      oh..kamu masalah penghapusannya ._.

      mari kita distep 1 aka soft, kalau kamu susah bagian ngapusnya, aku kasih saran ya.. 😉 jadi dalam tahap awal pengerjaan set brush nya dari 15-30 / 25 – 32 dan tentunya hardnesnya 0, kamu hapus bagian yang gak terpenting tapi kalau gak mau rempong gonta-ganti gambar terus karena salah hapus melulu, pakai vector mask aja 😀 biasanya aku pakai itu ^^ jika kamu pakai vector mask untuk menghapus, kamu pakai warna putih dan kebalikkan kalau mau undo gambar yang udah terlanjur kehapus kamu pakai warna hitam. Untuk brush juga berlaku tapi dia kebalikan erraser ^^
      Pewarnaan sebenarnya juga diperhatikan mul, hmm.. misalnya – > http://laderiasw6.files.wordpress.com/2014/05/req-memoriesinhighschool.jpg pas bagian chanyeol’kan aku hapus tangannya, itu gak masalah mul, apalagi Sullinya aku hapus kakinya -_- kalau aku saranin lagi pakai sedikit brush yang mendukung, misalnya warna putih kamu sebarin keseluruh layer terus set blendingnya ke Overlay – Soft light- Darken-Screen dan lainnya dan atur opascitiynya lalu hapus bagian juga yang menganggu ^^ Brush yang biasa aku pakai jenis ‘smudge’

      step 2 aka dark soft : Sama aja mul..kamu hapusnya pakai vector mask aja, supaya kamu bisa nyatu ke dark aku saranin kamu hapus bagian yang sedikit bercahaya #? maksudnya hmm.. seperti ini -> http://laderiasw6.files.wordpress.com/2014/04/ampm.jpg | latar foto perempuannya itu’kan sebenarnya kontras banget sama cahaya, jadinya kamu fokusin ke titik pengambaran poster kamu 😀 kayak distep 1-2 ‘kan aku hapus bagian jendela yang warna putih, kamu hapus deh sedikit bahu perempuannya – serta rambutnya yang masih sedikit terlihat kena pantulan cahayanya ^^ setengah badan gak masalah yang terpenting point kamu untuk meletakan dasar gambar itu sudah sesuai.
      Masalah penghapusan kamu bisa atur dengan mengset opacitynya ^^ dan juga kalau mau lebih horror aku kasih saran supaya pakai curves atau exporuse, gak harus color PSD melulu..opacitynya kamu mainin aja..atau enggak kamu masukin B&W terus set ke Overlay atau Softlight..

      Waduh rempong gak nih bacanya ._. masih kurang jelas tanya aja :D~^^ sebelumnya terimakasih sudah berkunjung ~o~v

      Suka

      1. Pinkfairy berkata:

        Ohh.. gituuu xD yaampun thea makasih banyak udah ngejelasin segini panjang. Enggak rempong kok aku ngerti ❤

        Suka

      2. AmmabeLau17 berkata:

        Gak papa kok.. kan harus saling membantu X) jadi woles aja 😀 serius nih gak rempong? syukurlah .-.9 ayo mulii ganbatte ^°^)9 kamu juga gak kalah keren :3

        Suka

      3. Pinkfairy berkata:

        bener bener… kamu juga kalo ada yang kamu gak tau tanya aja mungkin aku bisa bantu juga 😀
        enggaa serius deh, dibanding aku mah aku payah banget kalo urusan ngejelasin gitu hihi..
        Thea keep fighting juga!^o^)9 keren barengan ya kitaaa/?

        Suka

      4. AmmabeLau17 berkata:

        wokeh siippp!! ^o^7 aku malah kepengen banget belajar buat fancy ;_; muli bisa kasih saran gak supaya poster fancy itu bisa cheerful atau gak unyu gitu ._. soalnya aku lagi belajar buatnya hehe X) tolong sarannya ya mul.. telima aciw ^^ :3 Ganbatte!! ^o^9

        Suka

      5. Pinkfairy berkata:

        fancy ya? kalo boleh jujur sebenernya sih aku nggak punya saran yang khusus soalnya apa yang menurutku lucu ya aku masuk masukin aja ke dalem posternya. Coba kamu banyak-banyak liat-liat poster fancy dari beberapa wp art design.

        Terus menurutku buat pemilihan png cari jangan yang mencolok banget yang bisa bikin kesan agak norak. Kalo bisa selaras satu sama lain, contohnya kamu mau bikin poster fancy yang latarnya itu kayak real atau tempat-tempat tertentu kayak gini http://wyfnexokingdom.files.wordpress.com/2014/04/my-evil-oppa-alyssa-adelias-req-copy-21.png kamu cari png yang matching sama tema itu. Jangan dikasih png yang model terlalu kartun atau cute. Kecuali kalo latar bergambar tempat itu emang modelnya cartooned kayak ini http://wyfnexokingdom.files.wordpress.com/2014/05/boy-sitter-lee-eun-hees-req.png?w=500&h=667 itu baru keliatan selaras mau kamu kasih png secute apa pun. Yang model png / latarnyanya terkesan agak vintage atau retro jangan dicampur juga sama yang modelnya terlalu kartun dan kiddo gitu deh.

        Untuk fancy aku suka warnanya yang cerah dan soft, kalau pun yang agak gelap aku suka yang modelnya vintage atau retro. tapi menururku warna yan nabrak-nabrak kurang bagus apalagi kalo warna udah ngejreng banget.

        Kalo backgroundnya aku saranin jangan yang patternnya terlalu rame soalnya ntar kalo ditambahin png lagi jadi keramean. Kecuali kalo emang kamu gak mau ngasih png banyak-banyak mungkin backgroundnya bisa yang rame.

        terus waktu itu aku sempet baca ada tutorial yang bilang kalo poster fancy lebih baik gak usah dikasih psd coloring yang aneh-aneh atau yang terlalu berwarna. palingan yang bikin mengkilap(?) atau warnanya nyatu aja. Tapi sekali lagi, itu semua tergantung kamu aja.

        Mungkin itu doang sih sarannya menurutku. Aku juga gak terlalu ahli ngasih saran-saran apalagi kalo ngejelasin belibet-libet. Ini aja aku ragu kamu ngerti apa enggak penjelasanku wkwkw ;u; Biar lebih greget lagi coba tanya-tanya ke beberapa artworker lain juga aja, soalnya kan pendapat setiap orang beda-beda, siapa tau dengan ngumpulin saran-saran begitu malah kamu bisa bikin poster fancy yang bagus banget 😀

        FIGHTING THEAAA! semangat semangat, kamu pasti bisa kok^o^)9

        Suka

      6. AmmabeLau17 berkata:

        Ciat.. katanya gak bisa panjang-panjang ._. buktinya apa hayo :3 oh.. gitu, iya sih aku juga kemarin-kemarinnya nyari tutorial buat fancy tuh ceritanya, bagus sih.. tapi tetep aja suka gak mudeng, mikirinnya bagaimana harus terlihat fancy dan unyu-unyu ._. alhasil dulu aku coba yang masih kelihatan simpel banget -_- #gubrak kadang aku juga sering nemu fancy yang vintage loh ._. dan juga artmu ituloh jengjeng.. huwow unyu ><

        wokehlah.. saranmu itu loh berguna sekaleee ^^(y) teyima aciw muli :3 aku bisa mendapat jalan untuk pantang menyerah 😀 kamu juga ya~ ganbatte ^^9

        Suka

      7. Pinkfairy berkata:

        yaampun gak sadar jadinya segitu panjang ckck XD latihan bikin poster fancy aja sering-sering, kalo iseng gak ada kerjaan coba eksperimen di lab photoshop(?) wajar laaaa dulu juga posterku abal sangat ;u; nah iya itu fancy yang vintage gitu, itu juga unyu aku sukaa banget tapi masih belum terlalu bisa buatnya u,u

        waaa seneng deh kalo gitu XD sama-sama theaa, keep moving forward okayyy (y)

        Suka

      8. AmmabeLau17 berkata:

        sipp (y) 😉

        Suka

  3. Yaumila berkata:

    Hallo, visitor baru nih 😀
    tutorialnya membantu banget, makasih ya 🙂
    kadang yang jadi hambatan itu ngilangin warna mengganggu yang ada di gambar cast-nya, contohnya ya kaya punya kamu ini. kadang masih ada sisa-sisa warnanya di pinggiran gambar -_-

    oh iya mau tanya dong, kalo vector mask sama add layer mask itu sama apa engga ya? abis aku bingung nyari vector mask-nya, soalnya aku gak pernah pake itu .-.

    oh iya mau tanya lagi dong /ditendang/
    cara nge-screen capture langkah-langkah untuk membuat tutorial itu gimana ya? *maaf untuk pertanyaan bodoh ini ._.v

    btw namaku Mila 95line, salam kenal ya 😀

    Suka

    1. AmmL17 berkata:

      Halo kak Mila 😀 selamat datang ya ^^ aku Thea 00 line /jauhh-_-/

      oo.. layer mask sama vector mask itu sama kok kak 🙂 kalau ini kegunaannya manipulasi suatu gambar, jadi kakak kalau mau hapus gambarnya pakai eraser pakai pick color putih, yang hitam undo, Brush kebalikannya kak 🙂

      kalau screen capture kayak itu kakak klik tombol ‘prtscsysrq’ disamping tombol ‘pause break’ terus kakak bisa buka photoshop kakak dengan new layer -> klik layernya -> ctrl + v , aku kalau capture kayak gini suka pakainya di panit buckte kak 😀 jadi tinggal ctrl + v aja, terus udah deh disave/dicrop..

      mungkin kakak kalau juga tertarik sama tutorial lainku yang sejenis tutor ini, kakak bisa cek yang titlenya ‘coming soon tutorial photoshop 3 in 1’ itu kalau kakak minat ya 🙂 ditutorial itu aku juga pakai layer mask, sekaligus main manipulasi gambar ^^ hehehe.. btw terimakasih sudah datang kemari 😀 semoga bermanfaat ^^

      Suka

    2. AmmL17 berkata:

      Err aku kebanyan typo T^T

      Suka

      1. Yaumila berkata:

        wah kamu beda setahun sama ade aku, kok aku jadi ngerasa tua banget gitu ya? -___-

        oh sama ya, nanti deh aku coba hehe
        screen capture-nya udah aku coba, dan berhasil berhasil berhasil hore /? .-.
        makasih ya atas penjelasannya 😀

        iya nanti aku bakal baca tutorial kamu yang lainnya, eh tapi kalo tutorial itu bukannya di kasih password ya?

        gapapa kok, typo itu manusiawi xD

        Suka

      2. AmmL17 berkata:

        Aku sama kakakku beda dua tahun .-. masih mudaan sama kakakku berarti wkwkwkw ><

        Suka

      3. AmmL17 berkata:

        horaaa kakak berhasil 😀 kalau untuk full vers tutorialnya, kakak bisa kontak twitter sama aku di @my_ASW16 atau kalau punya line, kakak bisa add id line ku al_kim170621 heheheh, sama-sama kak 😀 senang bisa membantu ^^

        Suka

    3. AmmL17 berkata:

      Horaaa kakak berhasil 😀 kalau untuk full vers tutorialnya, kakak bisa kontak twitter sama aku di @my_ASW16 atau kalau punya line, kakak bisa add id line ku al_kim170621 heheheh, sama-sama kak 😀 senang bisa membantu ^^

      Suka

  4. Liluhannie berkata:

    Annyeong Thea ^^ #maafsokakrab
    Aku visitor baru di blog kamu, namaku Liah 96line 🙂 Aku suka banget sama tutorial kamu, penjelasannya mudah dimengerti dan screen capture-nya bantu banget. Nggak apa-apa kan kalo aku save? Cuman buat dijadiin petunjuk /? gambar kalo lagi belajar ngedit foto hehee. Tetap semangat yah untuk terus berkarya 😀

    Suka

    1. AmmL17 berkata:

      Hai kak liah ^^ terimakasih sudah berkunjung 😀 aku seneng banget kakak suka dengan tutorial ini ^^ sangat diperbolehkan kok kak 😉 oke oke.. terimakasih atas semangatnya 😀

      Suka

      1. Liluhannie berkata:

        Hehee, iya Thea 🙂 Seneng deh bisa kenal sama kamu dan nemu blog ini. Aku kok jadi malu tahu kamu line 00 tp udah jago banget ngeditnya x_x Sementara aku yg lebih tua dari kamu, editanku msh cetek banget kyk anak SD hahaa

        Suka

      2. AmmL17 berkata:

        Kenapa malu? aku juga suka acak kadul itupun kalau moody ._. aku masih banyak belajar kok kak ^^ kalau eksperimen terus pasti hasilnya makin oke ><

        Suka

  5. hanhyema berkata:

    lovely tutorial-thank you thea^^

    Suka

    1. AmmL17 berkata:

      ur wel kak ^^ padahal masih jaman jadul –” hehehe

      Suka

      1. hanhyema berkata:

        tapi bagus dek^^ perkembanganmu luar biasa pesat^^ seneng liatnya.

        Suka

      2. AmmL17 berkata:

        Huahaha terimakasih banyak kak 😀 aku juga seneng kakak suka sama hasil ini hehehe x)

        Disukai oleh 1 orang

  6. hanhra berkata:

    bagus, simple banget 😀

    Suka

    1. AhnLien berkata:

      Haha, terimakasih~

      Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

