Tutorial Photoshop : How to make a Dark effect – 2 in 1

on

Holla~ akhirnya saya muncul lagi disini. Disini saya akan mempublish salah satu tutorial dasar aplikasi Photoshop. Yah..udah gak jaman lagi sih sama tutorial in..tapi gak salah’kan kalau mau sharing? Oh ya..ini 2 in 1. Tutorial mengubah warna mata dan juga mengkomposisika efek gelap. Alhasil jadilah eksperimen ini~ sayang aja kalau dideimin terus. Dari pada blog ini hampa..lebih baik saya berbagi eksperimen saya ^^

Your need a :

15506-mei-misaki-another-1920x1200-anime-wallpaper

PSD Colors by PICANTA & KrypteriaHG

 

Final Work :

lost_another

Lets start.

 Step 1. Buka aplikasi PS kalian. Disini aku memakai CS6.

Step 2. Sudah buka aplikasinya? Oke.. kita buka gambar tadi. Gambar diatas tadi salah satu anime favorite aneee uyee~ Open -> Your file (ex: Pack factory) -> Choice the picture.

Step 3. Sudah ada gambarnya..sekarang kita crop. Kalau aku gambarnya di crop jadiya sedikit lebih pendek dari ukuran biasanya.

1_lll

Oh ya ada yang melihat perbedaan warna dari kedua gambar tersebut? Gambarnya aku sedikit ubah Brightness/Contrastnya serta Hue & Saturation. Perbedaannya dimana warna lebih mencolok dari sebelumnya /?/

Step 4. Oke.. kita mulai pengerjaannya. Dasar pewarnaan pertama aku pakai Gradient Fill. Layer -> New Fill layer -> Gradient…

2_lll

3_lll

Step 5. Lalu.. kita tambah lagi gradient fillnya. Tapi ini beda warna.

4_lll

5_lll

Step 6. Kita masukkan PSD file colorsnya.  Pertama masukkan PSD file colors a.k.a KrypteriaHG #thankyou~. Dan ubah Opacitynya menjadi 67% . Lalu PSD File yang terakhir a.k.a PICANTA #thankyou~ PSD color packnya pilih yang nomor 25 alias PSD terakhir. Kita drag  dan ubah opacitynya menjadi 45%.

6_lll

Step 7. Kita masuk tahap pewarnaan matanya agar terlihat mencolok. Pertama kita ubah mata kirinya yang warna merah. Tambah layer kalian yang baru dan rename : Red Eyes. Sudah? klik CTRL + Q lalu pilih brush dengan hardnes 100% Size 48 dengan opacity 100%.

Jika kelebihan membrushnya bisa dihapus dengan eraser sampai rapih.
Jika kelebihan membrushnya bisa dihapus dengan eraser sampai rapih.

Setelah terlihat rapih, kalian klik keyword ‘Q’. Ada baris putus-putusnya’kan? nah..setelah itu kalian bisa fill dengan warna merah. Setelah bewarna merah, ubah blending modenya menjadi Overlay. Dengan opacity 75% dan Fill 80%. Alhasil seperti dibawah ini.

8_lll

Layer Red Eyes kita copy atau CTRL + J. Ubah blending modenya menjadi Color Dodge -> Opacity diubah menjadi 57% -> Fill ubah menjadi 100%.

81_lll

Step 8. Kita ubah juga mata kanannya dengan layer yang baru. Rename menjadi Green Eyes. Oke..tahapnya juga sama, memakai Quick mask mode. CTRL + Q lalu brush dengan hardnes – size – opacity yang sama. Cuman mewarnainya dengan warna hijau. Ubah blending modenya menjadi Overlay. Opacity menjadi 47% dan Fill 82%.

9_lll

Dan tahap lanjutannya juga sama seperti Step 7. Copy layer ‘Green Eyes’ nya, ubah blending modenya menjadi Color Dodge – Opacity 70% – Fill 38%

91_lll

Step 9. Finnaly kita kasih tulisan atau sejenis quotesnya.

And the last step.. Tara…

lost_another

Selesai… Yeayyeayeay~ Untuk melihat ukuran asli gambar ini klik saja gambarnya ^^ ini memang tutorial #paling dasar. Aku hanya ingin mengshare saja sah sah saja’kan? hehehe.. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan saja..bebas asal jangan rusuh -_-

Tutorial ini sah milik AmmL17 jadi jangan mengclaim seenaknya saja oke? Sehabis membaca budayakan untuk berkomentar atau like. Sampai jumpa nanti~ ^^

22 Comments Add yours

  1. Pinkeucho berkata:

    waaw keyeen *o* aku ga pernah pake gradient2 gitu sebelumnya XD paling cuma buat text .-. pokoknya thankies deh buat resep rahasianya /? :* wkakwk

    Suka

    1. AmmL17 berkata:

      He’eh setuju. Dulu gradient buat text doang -_- tapi lama-kelamaan karena gemes banget sama warna gradasi jadi aku eksperimen dan alhasil seperti ini 😀 oh sebenernya gradient itu bisa dipakai efek tambahan agar gambar mencolok-lebih. Ditambah lagi psd color selesai 😀 sama-sama ^^ semoga bemanfaat ya ^^

      Suka

  2. Orfea berkata:

    Annyeong, aku nyasar kesini pas lagi nyari tutorial >< Kece ih ❤ belum ada yang bikin tutorial kek begini (y) gradient ini kek pengganti psd ya? atau bisa di kombinasikan?(?) makasih ya tutorialnya, ijin praktekin ini(?)
    eh tapi ngomong2 kamu tau misaki-mei, another (anime) yang jadi foto ditutorial kamu?=)

    Suka

    1. AmmL17 berkata:

      Iyap ^^ aku suka banget sama perempuan yang satu itu X) apalagi sama cowoknya a.k.a sakakibara 😀
      Thankyou ya sudah nyasar kesini XD aduhh jarang-jarang ada yang nyasar kesini wkwkw. Iyap, Sebenernya gradient bisa dibuat jadi PSD sendiri…bisa ditambah brightnes dan contrast atau curves untuk mempertajam warna 🙂 Ah~ disini aku kasih psd sedikit. Digradient ini aku gunain supaya titik fokusnya lebih mencolok, sementara bayangan dibelakangnya kayak dibuat horror gitu~ hehehe
      Sama-sama ^^ semoga bermanfaat dan berhasil ^^

      Suka

      1. Orfea berkata:

        kamu tau? eaaaaak sakakibara-kun emang memikat sekali ya. wkwk *tabok*
        kamu otaku? ehehe maap aku kepo xD

        aduh aku baru tau orang nyasar diterimaksihin(?) tapi enak ya nyasar dapat pengetahuan gini 🙂
        wah pengetahuan lagi nih, wkwk aku males banget ngacak2 psd, nah kaloada jalan pintas gini kan gampang *ketahuan malasnya*

        Iya, thankyou ya^^

        Suka

      2. AmmL17 berkata:

        Animenya udah cakep 😀 ah aku gak tau ada lelaki yang bisa memikat hatiku kayak sakakibarakun #cieelah sedikit. Itupun juga aku suka karena film yang satu itu..ah~ udah temanya horror animenya cakep pula asdfghjkl

        Enggak papa layaw..aku malah yang harusnya berterimakasih karena mau nyasar kesini 😀 ._. haha ini juga eksperimen. Aku suka gemes aja main pewarnaan kayak gini jadi sekali-kali aku sharing aja ^^ Alhamdulillah kalau ada yang suka hehehe.. antimainstream lebih keren sendiri B) tapi suka takut juga ._.

        Biasanya soal PSD colors yang kurang terang atau gelap aku suka pakai gradient atau levels. Yah supaya cepet kelar /?/ sip..semoga sukses~ (y)

        Suka

      3. Orfea berkata:

        Aku geli… tapi emang bener ya, jarang2 ada anime yang bersih kayak another karakternya. Tapi aku lebih suka Misaki, bukan apa-apa-___- tapi dia dingin-dingin misterius gitu lah hehe.

        Heeh, aduh itu adegan bunuh-bunuhannya bener-bener wow begete lah-_-

        takut kenapa? ini kan kece, aku bahkan niat ngesave, ijin save ya xD kekeke. Aduh kalo tutorialnya jarang-jarang kayak begini malah banyak yang suka le, kan kebanyakan ada author yang bikin tutorial tapi itu-itu doang u,u tapi makasih tetep buat mereka yang udah susah2 bikin tutorialnya, termasuk kamu juga. sekali lagi maksih yeht._.

        Cepet kelar? ah sama aj ah kita xD Sippa

        Suka

      4. AmmL17 berkata:

        Iyap dia terlalu misterius, aku suka karakternya. Sama Akazawa juga, dia dingin tapi sebenernya dia punya rahasia dibalik kehidupannya #cieelah~ apalagi siapa itu..yang pas bibi pemilik rumah disana, mau ngebunuh dua anak laki-laki itu aduh namanya siapa -_- lupa..

        Dengan senang hati silahkan 😀 iya sih..aku juga seneng ngeliat tutorial dari mereka. Nah dari tutorial merek aaku jadi suka eksperimen sendiri^^ Alhamdulillah seneng deh ada yang suka ^^ Sama-sama 😉

        Ya dong..sesingkat-singkatnya eksperimen toh cepet kelar ._. wkwkwk (y)

        Suka

    2. AmmL17 berkata:

      Iya..kamu bisa kombinasikan sendiri. Aku dapet gradientnya download ._. hehehe tapi kadang suka buat sendiri sih, kalau perlu ada yang ditanyakan lagi boleh kok ^^

      Suka

      1. Orfea berkata:

        aku lagi cari gradient pack buat didownload nih hoho. Ah gradientnya bisa dibikin sendiri ah pantesan koleksi gradientmu banyak u,u

        ntar tak tanya2 lagi ya, hehe. Makasih^^

        Suka

      2. AmmL17 berkata:

        Oh.. ada banyak kok di.. deviantart, salah satunya koleksi punya PICANTA yang aku kasih link psd filnya. Salah satunya aku suka pakek gradient punya dia. B&W sama nature.. banyak aku wkwkwk mau aku kasih linknya?

        saling membantu itu menyenangkan 😀 hehehe

        Suka

      3. Orfea berkata:

        Picanta ya? cek ah~ gak ngerepotin kah?kalo gak ngerepotin aku mau banget dong=) kamu suka dark goomy gitu ya le?

        baik banget sih, cubit sini *apaseeh

        Suka

      4. AmmL17 berkata:

        Iyupz.. gara-gara suka nonton film horror jadi kebawa sama art eksperimennya, hehehe novel aja sebagian banyak yang horror tapi ada romancenya. Baca ff sukanya horror. Nah dari sumber-sumber disanalah tercipatlah karya saya yang satu ini serta yang lainnya :3 hehehe

        Suka

  3. lelymfida berkata:

    hbs sahur baca tutorial kyak gini mungkin gmpang nyantol/? selama kurang dr sebulan otak-atik ps aku ga pernah bereksperimen kaya gini-_-
    bermanfaat sekali thea thankyouu ya 😀

    Suka

    1. AmmL17 berkata:

      Sama-sama hehehe itu buat wallpaper aku iseng aja dari pada terabaikan jadinya aaku share X)

      Suka

      1. lelymfida berkata:

        wkkwkw~ iya aku udh coba tp hasilnya ga maksimal /ato mungkin krg sabar-_-/ yup yup jgn kapok2 nge-share tutorial yak 😀

        Suka

      2. AmmL17 berkata:

        SIP 😀

        Suka

      3. lelymfida berkata:

        ohya yg ngasih brush di mata pake CTRL+Q kok gabisa ya -_- aku pake photoshop cs 3 /lha aku sndiri blum prnah pake brush/ ~.~

        Suka

      4. AmmL17 berkata:

        oh kakak bisa liat dua pick color hitam putih kan? nah itu dibawahnya kak 😀 klik aja ^^

        Suka

      5. lelymfida berkata:

        sip, masih dalam proses 😀 makasih ya 😀

        Suka

Tinggalkan Balasan

