Tutorial Photoshop : 3 in 1

on

Holla~ terimakasih sudah datang dan langsung melihat artikel yang saya buat ini ^^ kali ini seperti yang saya promosikan  kemarin akhirnya saya akan meluncurkan tutorial 3 in 1 ini >< Disini aku membuat salah satu cover genre Mysterious Horror. Dan bagaimana cara membuat warna cover masih natural dengan efek gelap #sip okelah mari kita simak 😀 klik read more untuk melihat full vers tutorial saya ini ^^

Did you know? #idontknow

 

The inspiration for this cover from Twilight series  and Stolen book cover :

twilight series stolen   Sebenarnya untuk cover Stolen aja baru kulihat -_- nah konsep cover ini aku terapkan kedalam cover tutorial ini 😀 so ada yang ingin melihat tutorial ini? #krikkrikkrik baiklah.. yuk cekidot! aku pernah bilang bukan kalau disini terapan 3 in 1? berarti ini juga tutorial bagaimana membuat cover mistik horror gimana gitu  aku masih banyak belajar jadi tolong dimaklumi jika tutorial ini sedikit gak jelas ataupun yah…/ jangan banyak bacot The -_-/

How to make a :

  •  Photo Manipulation

  • Dark effect without PSD Colors

  • Mysterious Horror Cover Fanfiction

 

Finally :

crossingback-cover2

We need a resource like this:

tumblr_mvc4lzicmH1rlzlwyo1_1280 zbrush_texture_skull 009 38

other resource we need a PHOTOSHOP ; Brush

Guys, you need a crack brush for the manipulation photo. Ini ada dua link yang bisa kalian download.

Here & Here

Mari kita ke tahap pengerjaannya ^^ oh ya, untuk texture grunge kalian bisa download sendiri ya 🙂 #jahat-_- untuk melihat gambarnya tinggal klik gambarnya aja oke? #sip

LETS START!

Step 1. Mari kita buka photoshopnya ^^ disini pakai photoshop CS6 🙂 Step 2. sudah? ayo kita buka gambarnya–

TUNGGU!!

Apa kalian yakin untuk melihat tutorial ini? ._.  kalau yakin silahkan scroll kebawah dan melanjutkan kata-kata saya yang terpotong ini ^^ 

#diulang

Step 2.  Ayo kita buka gambarnya ^^ sample foto aku pilih gambar IU dan Skull #terimakasihmbah google 🙂 sudah’kan? mari kita buat New Layer dengan ukuran 600 x 800 bacgroundnya kalian fill dengan warna hitam ya ^^ alhasil seperti ini.

M1_AL

Step 3. Mari kita masukkan gambar yang kalian pilih 🙂 ukuran sesuai keinginan ^^ kalau sudah mari kita hapus bagian-bagian yang menurut kalian harus dihilangkan. Untuk menghapusnya aku pakai Vector mask lihat gambar dibawah ini

M2_AL

Saran : Opacity brush untuk menghapus sekitar 25 – 30 tentu non hardness,  size berukuran 120 – 150

Step 4. Buat layer baru. Kita brush dengan lapisan warna abu-abu seperti ini

 M3_A1

Ubah blending optionnya menjadi Hue -> Opacity 60% -> Fill 56% dan jadilah seperti ini

M3_al2

Step 5. Mari kita bermakeup pucat ala saya  😀  kita buat layer baru lagi dan jangan diapa-apakan. Ini membutuhkan beberapa layer, Yuk disimak ^^

  • Mari kita makeup matanya dulu. Warnai kelopak bawah mata gambar dengan pewarnaan #8e8781  atau abu-abu. Lalu setelah itu kita sedikit rapihkan dan ubah blending optionnya ke Vivid Light -> Opacity 89% dengan Fill 100% M4_AL
  • Lalu kita brush lagi dengan warna merah keseluruh permukaan kedua mata gambar dan atur opacitynya sekita 50-59% atau #8e1f1f . Selekas kita membrushnya, ubah blending option ke Linear Burn -> Opacity 88% -> Fill 64%M4_AL1
  • Sekarang kita warnai bibirnya supaya terlihat sexy. Warnai seluruh permukaan bibir dengan warna merah. Lalu ubah blending optionnya Overlay -> Opacity 88% dengan fill 100% . Setelah itu kita rapihkan ^^M4_AL2

Lalu kita group beberapa layer tersebut dan rename Make up. Pewarnaan ini aku drag dibawa color skinnya hehehe, so untuk melakukan pewarnaan wajah jangan didrag dulu dibawah color skin nya, ada yang mengerti?  jadilah seperti ini 😀

M2_AL8   Step 6. Mari kita bermain dengan manipulasi 😀 kita masukkan gambar tengkoraknya. Letakkan dan resize ukuran tengkorak sesuai yang kalian inginkan

M6_AL
Untuk mengatur letak tengkorak, kalian bisa mainkan Opacity agar mudah mencari letak gambar yang sesuai.

 

Lalu kita kasih vector mask dan hapus seperti yang kalian inginkan. Nah…kalau aku jadinya seperti ini

M6_AL1

Saran : Untuk teknik penghapusan seperti gambar diatas, kalian bisa memakai brush non hardness terlebih dahulu baru memakai brush seperti ini

brush
Yang dikotak warna merah

So like creepy face #errrr

Lalu kita tambah dengan crack brushnya. Jangan lupa tambah layer baru ya ^^ untuk warnanya aku pakai warna hitam alhasil seperti ini

M7_AL1

Gambar tengkorak dan crak brushnya kita group dan rename Crack

Step 7. Tahap selanjutnya yaitu pewarnaan efek tanpa PSD FILE COLORS. Kita buat new layer lagi lalu brush keseluruh permukaan sehinga menutupi gambar.

M7_Al2Lalu kita ubah blending optionya ke Vivid Light -> Opacity 62% -> Fill 69% . Dan jadilah seperti ini

M8_AL

Step 8. Untuk texture aku pakai Pattern. Jenisnya bebas sesuai selera kalian 🙂 atur blending optionnya ke Soft Light -> Opacity 37%  -> Fill 97% .

M9_al

Tipis? tidak masalah.. tapi untuk mengatur blending optionnya selera kalian saja ^^ jenis Pattern yang aku pakai itu ‘X’ . Sekarang buat layer baru lagi. Pilih Rectanguler Marquee Tool dan buat shapenya seperti gambar dibawah ini.

M9_al1

Kode warnanya #7a6f6f . Ubah blending optionnya ke Soft Light -> Opacity 72% -> Fill 85% 

M9_al2Bagian pewarnaan shape ini sebenarnya tidak harus. Ini hanya menambahkan efek gelap yang tipis 🙂

Step 9. Main lagi kepewarnaan. Kemarin aku main dengan Hue & Saturation – Brightnes / Contrast – Curves – Exposure ,  Today I will play with BLACK AND WHITE effect. Lets see my work ^^. Pilih Adjustments -> Black and White -> Pilih presetnya Blue filter 

m10!

Ubah blending modenya menjadi Overlay -> Opacity 42% -> Fill 86% . Jadilah seperti ini

m10_al1

Step 10. Terakhir kita gunakan texture grunge. Kita atur texture grungenya sesuai ukuran.

M11_AL1

Blending optionnya kita ubah menjadi Screen -> Opacity 22% -> Fill 73% . Dan terakhir kita masukkan Movie credit nya dan beri judul untuk cover ini.

Dan akhirnya sekian lama kita menunggu, tibalah saatnya. Satu..Dua…

crossingback-cover2

TARAA!!

Selesailah sudah tutorial ini 😀 bagaimana? rempong ya? iya emang sama kayak yang buat ._. #tutupmuka untuk beberapa tulisan aku pakai font Adobe Devanagari : Crossing | Emoticon Engine : Back | Lets see.. Whos the killer– : Garamond

 Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan bertanya dikomentar.  FREE ASK ^^ budayakan untuk meninggalkan jejak dan like setelah membaca artikel ini 🙂 tolong hargai saya yang telah membuat artikel alay ini walaupun masih kurang dimengerti atau apalah. Kalau untuk me-reblog dipersilahkan dengan senang hati ^^

#tambahan kalau misalnya gambar ini :

Alin_crossingback

Aku pakai black and white juga efeknya. Sedikit dibantu sama PSD colors sih, hehehe dan juga tambahan texture seperti jam 🙂 . Lihat.. siapa yang jadi korban digambar ini.. ._.

Kalau yang ini :

_crossing_back

Aku pakai beberapa  Texture grunge, dan texture lainnya. Main Blending option sama Opacitynya. Bisa dicari di deviantart untuk texturenya ^^

Referensi yang aku dapat untuk membuat tutorial ini dari Youtube dan Google. Selebihnya dari saya ^^

Artikel ini ditulis oleh AmmL17 atas persetujuan experimen saya. Oh ya.. ada yang ingin berkenalan dengan saya? /kayaknya enggak hiks.. T^T/ mungkin kalian bisa melihat disini hehehe. Okelah mas dan mbak yang sudah datang kesini saya ucapkan banyak terimakasih telah datang kesini. Untuk kontak add saya di @my_ASW16 . Sebelumnya selamat hari raya Idul fitri~ mohon maaf lahir dan batin 😉 okelah bacotan saya ini terlalu panjang untuk dilihat -_- saya memundurkan diri dulu.. Siii yuu ~ ^^)/

44 Comments Add yours

  1. navoler berkata:

    heeeiiihoooo dek theaaaa hahahaha, aduh saya tiba2 rusuh gini ya dateng2 XD aku mauuuu kok kenalan sama kamu :3 hehehehehe /kicked/

    waaaaah detail banget tutorialnya dek! tapi sayangnya aku pake cs3 😦 huhuhu apa bisa dek pake cs3? oh iyaaa itu grup nya apa aja? aku pingin coba ntar gagal wkwkwkwk T.T

    aah makasih yaaa udh ngepost ini! ngebantu sekali buat aku hehehe yang gaptek ini XD

    love<3
    Navoler

    Suka

    1. AmmL17 berkata:

      Semua cs photoshop bisa kok kak ^^ kalau ngegroup itu buat layernya kak. Tadi layer yang buat makeup aku satu jadi group sama kayak yang tengkoraknya hehehe
      Kalau kurang ngerti lagi tanya aja gak papa kok ^^ enggak bakal gagall harus yakin dong ><

      Sama-sama good luck kakak {} ❤

      Suka

  2. Milky富美子 berkata:

    Hello, aku yang nanya pw tadi /halah
    Sumpah tutornya keren banget gak nyangka dr gitu bisa kegitu /apa ini
    Padahal umur kita sama tp kamu keliatan profesional banget >< belajar dari mana ya ampun….
    Thanks sebelumnya udh ngepost tutor yang sangat berguna ini buatku…dan mungkin yang lain juga….

    xoxo~
    Milky富美子

    Suka

    1. AmmL17 berkata:

      Oh hai~ ^^
      terimakasih sudah berkunjung kesini 😀 kamu bisa aja ><
      Ah kamu bisa aja 🙂 aku masih banyak belajar kok ^^ belum sehandal mereka yang sudah berpengalaman lama 🙂 aku kalau buat referensi graphic suka liat di youtube atau beberapa tutorial web luar, walaupun aku suka gak ngerti bahasa mereka tapi aku tau aja tutorial yang mereka maksud /?/

      Sama-sama ^^ semoga bermanfaat 😀 good luck to work your art dear ^^ ❤

      Suka

  3. LittleRabbit berkata:

    Aleeeee~~ >< serius aku ga paham xD /ditendang/
    tapi mungkin kalo baca 2-3 kali paham ya, mungkin …

    itu tingkat tinggi banget, saoloh ;;_;; sedangkan aku… xD

    Suka

    1. AmmL17 berkata:

      bahasanya bahasa indonesia, beneran kakak gak paham sama bahasa aku ? XD kurang paham dimana nya kak?

      itu level easy, aku juga pertama belajar suka susah 😐 wkwkwkw pasti kakak bisa kok 😀 kalau bingung ada yang ditanyain silahkan ^^

      Suka

  4. First-Line berkata:

    hoooooo ternyata begitu, keren! etto….vector mask itu tools yang di bagian layer atau di tools kiri ya? atau di menu atas? punyaku cs3 dan jujur jarang pake layer mask biasanya ngapus pake eraser XD

    Suka

    1. AmmL17 berkata:

      iya kak, nanti kakak klik mouse kanan, disitu kan ada pilihan banyak tuh sederet.. ada tulisan add new layer vector mask kalau enggak salah..

      Cs apapun bisa kok kak >< layer mask kegunaannya manipulasi gambar jadi kakak bisa hapus pakai itu kalau engggak mau rempong, kalau 'brush' pakai pick color putih untuk menghapus dilayer masknya semantara pick color hitam buat menghapusnya, nah erase kebalikkannya kak 🙂 aku suka pakek layer mask supaya enggak undo terus gambar yang sering aku salah hapusnya -_- 😀

      Suka

  5. AutumnGirl2309 berkata:

    Halo saeng ^^ Aku yang tanya pw tadi sore 🙂 Salam kenal ya 🙂 Padahal cuma selisih satu tahun. Bingung mau panggil apa ._.v

    Aku udah praktekin tutor ini 😀 Lumayan sih buat amatiran kayak aku. Soalnya aku gak begitu nglatih tentang photoshop. Yah, jadilah sedikit kasar ._.v And… This tutor very good 😀 Aku mau bookmark buat latihan kapan-kapan ya ^^ Makasih banget ya saeng udah ngeshare tutor ini :’)

    Suka

    1. AmmL17 berkata:

      hai kak, tadi aku udah bales komen kakak di twitter hehehe, baru kali ini ada yang bilang tutorial ku bagus :3 wahh terimakasih sudah mau ikut belajar lewat tutorial ini XD

      semoga bermanfaat ya kak 😀 kaapan-kapan aku liat hasilnya oke? selamat belajar kak ^^ good luck!

      Suka

  6. ameiliarizkyta berkata:

    kamu pinter banget sih? kamu belajar dari mana? belajar sendiri…aku belajar sendiri tapi jelek banget hasilnya-_- kamu followback aku dong di twitter aku mau kenalan nih:)

    Suka

    1. AmmL17 berkata:

      makasih >< aku masih banyak belajar kok 🙂 aku liatnya dari beberapa tutorial lewat youtube sama blogwalking ^^ pasti kakak juga bisa kok 😀 , Boleh 😀 udah aku follback ya kak ^^

      Suka

  7. batdaap berkata:

    uwaaa keren bangett._.
    belum aku coba sih wkwk makanya belum tau mau tanya apa/?
    nanti yap aku coba terus pasti ada yg mau aku tanyain hehe
    fighting buat karya selanjutnya!

    Suka

    1. AmmL17 berkata:

      Slr ya 🙂 kamu mau nanya apa dek? Iyap terimakasih banyak ^^

      Suka

  8. lelymfida berkata:

    Akhirnya bisa berkunjung ke blog-mu lg thea :’3.. ah keren coba, mikirnya aku bisa nggk.bkin.sedetail itu._.yau ntr dicoba.-. Thanks ❤ udah mau ngeshare ilmunya yah thea 😀 kapan² lagi *eh*
    Nice tutorial (y) 😀 terus berkarya ya 🙂

    Suka

    1. AmmL17 berkata:

      Sipp semoga bermanfaat ><

      Suka

  9. Liluhannie berkata:

    Wah, ini keren banget thea. Maaf yah td aku langsung praktekin tutorial kamu sblum mnta izin dlu 😀 tapi aku nggak punya crack brush soalnya blum prnah dwnload, jadinya editan aku masih jauh bnget bedanya sama punya kamu -,- aku juga masih kurang ngerti kalo gunain vector mask. itu gunanya feather di option masks apa yah?

    Suka

    1. AmmL17 berkata:

      Kenapa minta maaf? justru aku seneng lagi kalau ada yang mau belajar dari apa yang aku kepelajari selama ini :)) untuk brushnya udah aku kasih linknya untuk download ^^ kalau boleh tau aku boleh liat hasilnya? kan masih belajar jadi masih wajar kalau masih ada hasil yang sedikit kasar 😀 aku juga dulu sama kayak kakak 😉 so jangan malu oke? ^^

      vector mask kegunaannya manipulasi gambar kak 🙂 jadi kita bisa hapus red-undo dengan vector mask itu ^^ kalau mau pakai eraser buat di vector mask pakai warna putih, kalau mau hapus ulang bisa pakai warna pick color hitam ^^

      feather option? wah.. aku kurang tahu.. nanti aku cari tahu oke? sekali lagi terimakasih sudah berkunjung ^^

      Suka

  10. Miss Of Beat R berkata:

    Wahh menambah wawasan banget, makasih yaaa tutorialnya ^^

    Suka

    1. AmmL17 berkata:

      Iyap sama-sama 😀 semoga bermanfaat ^^

      Suka

  11. blackid22 berkata:

    Ini sangat membantu. Thanks Thea 😀

    Suka

    1. AmmL17 berkata:

      yup sama-sama kak ^^ senang bisa membantu 😀

      Suka

      1. blackid22 berkata:

        Btw kamu pake Bbm gak? aku mau minta pin nya

        Suka

      2. AmmL17 berkata:

        Wah.. Bbmku off kak 😦 aku bisanya teitter atau line kak

        @my_ASW16 Id : al_kim170621

        Kalau pin : 284929A5

        Suka

      3. blackid22 berkata:

        Aku jarang twittean sih, line ku juga blm aku instal ulang u,u

        Suka

      4. AmmL17 berkata:

        Kalau twiter aku kadang juga sih line juga belum ku updae kita sehati kak 😀 wkwkwkwk

        Disukai oleh 1 orang

      5. wibi berkata:

        coba kalo pake WA

        Suka

      6. AmmL17 berkata:

        Oh itu aku jg punya 😀

        Suka

      7. wibi berkata:

        Tukeran mau gak?

        Suka

      8. AmmL17 berkata:

        Boleh aja sih kak tapi ada problem -_- WAku udah error apalagi andtoidnya udah sengklek gak tau kenapa –” tapi kalau mau aku pakai no yang BB 🙂 itu punya mamaku tapi sering aku pakai main. Buat WAnya sih emang punya mamaku tapi aku sering makek hehehe ngasih nonya lewat apa nih kak? Langsung lewat disini?

        Suka

  12. hanhyema berkata:

    Bentar…. eon mau loading dulu vector mask itu yang mana? Hmm Oh ya baru inget yang ada di bawah layer palet, bukan? hehe Udah lama banget eon gak pake vector mask, makasih udah ngingetin cara pakainya^^ walaupun eon yakin kamu gak ada maksud buat itu. Oh ya makasih atas ilmunya yang mencerahkan ingatanku tentang banyak fitur yang sudah kulupakan seperti vector maupun brush. Jiah ketahuan..

    haha maaf komennya isinya curcol semua. keke

    Oh ya dek, eon tertarik sama gif yang di atas, kasih tahu caranya ya? eon bener-bener lupa cara bikin gif. #Jiah salah fokus.

    Intinya tutorial ini sangat bagus banget-apalagi posternya. Bikin seneng liatnya-saking bagusnya. Eon mau kasih saran. Thea coba kasih gambar fitur mana yang mau diguna-in biar yang newbie bisa lebih paham, oke? GOOD LUCK.

    Suka

    1. AmmL17 berkata:

      aku kira kakak suka pakek itu loh wakakakak.. iyap gak papa wkwkwkwk

      oh kalau gif itu.. ‘kan aku pakai CS6, kalau gak salah dimenu window terus cari timline kalau gak salah, nah.. kakak bisa simpen dulu beberapa gambar, terus di buka gambar-gambarnya. misalnya gambar yang bagian makeup itu’kan aku pakai dua gambar, terus layer paling di ‘hide’ dulu, itu berarti yang keliatan layer bawah’kan? jangan lupa diklik ^^ nah ditab timeline itu kakak cari tombol ‘duplicat layer’ dekat icon ‘transh/tempat sampah–“/’
      Lalu udah diframe dua/duplicate layer tadi, kakak bisa ‘unhide’ layer yang atas tadi.. terus kalau udah kakak tinggal tes deh gifnya lewat tombol ‘play’

      oh ya.. kalau ubah durasinya bisa diatur di frame layer gifnya kak, ada dibawah frame layer itu, setelah itu save deh di ‘save for web’ ^^ bingung gak kak? kalau masih bingung bilang aja gak papa ^^

      Iya terimakasih banyak kak 😀 saran kakak sangat berguna untuk kedepannya nanti ^^ iya sih aku hampir gak keinget buat yang newbie kalau liat tutorial ini.. /loh?/ Thankyou kakak :*

      Suka

  13. kartika berkata:

    sumpah tutorial disini keren banget ><

    Suka

    1. AmmL17 berkata:

      terimakasih sudah berkunjung ^^

      Suka

  14. aikwan berkata:

    Itu Kok Ada Nama Asli Saya? ( Dibaca : Alina ) :3 Kak, Tutornya Membantu Banget, Deh! Izin Nyoba, Ya? 😀

    Suka

    1. AhnLien berkata:

      oh? itu namamu? hoho aku pinjam ya ^^ silahkan 😉

      Disukai oleh 1 orang

  15. simpleshine berkata:

    THEA!!!!!!!!!!!!!! KAK THEA!!!!! KAK THEA YANG CETAR MEMBAHANA #alay >< Ini apa?! Kereeennnn!!! #gigitjari
    Pengen banget nyoba, tapi ini membutuhkan keterampilan tingkat dewa'-' #nangisdipojokan
    wkwkwkw…
    Btw, Thank you banget untuk tutorialnya.
    Jadi pengen banget nyoba. hehehe^^
    Bye~

    Suka

    1. AhnLien berkata:

      Hayiin~ ya ampun… aku kedatangan tamu yang lebih cetar mebahanaaaa ulala~ XD
      Eh.. enggak kok, ini masih tingkat standar loh… everyone can do this /gaya gue selangit/ #dijitakChanyeol
      Sama-sama ^^ my pleasure you want try this tutorial 😀

      Suka

  16. Babykim berkata:

    Wah keren banget asli.. Mau dong bisa ngedit kaya gtu u,u aku belajar dan jadinya pasti gk sebagus itu. Wah kamu pinter banget sihh orz
    ohiya thanks banget ini tutorialnya sangt membantu wkwk kerenn lah pokoknya..!!
    Ohiya salam kenal ya ^^

    Suka

    1. avelineheart berkata:

      Terimakasih banyak 😀 pasti kamu bisa kok ^^ syukurlah jika bermanfaat #dakuterhura dan terimakasih juga atas pujiannya 😀 aku masih banyak belajar juga sama kayak kamu kok ^^ jadi kita saling belajar bersama oke? salam kenal juga ya 😉 Thea 00line ^^

      Suka

  17. crystbellzinski berkata:

    haaii.. salam kenal aku juga pembuat tutorial, tapi khusus picsart. tutorialnya kereenn benget .. cadaaas. hasilnya beeh.. ga bisa kayanya akuu haha..

    btw aku boleh copas link kamu yang ini?
    kalau aku berhasil praktek-in ini di picsart pengen aku taro link kamu disana sebagai “tutorial yang menginpirasikan” gimana, bolehkah?

    Suka

    1. LJS♥ berkata:

      Dengan senang hati, silahkan di coba :))

      Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

