Tutorial Photoshop : Blank Face a.k.a Faceless

Hola~ terimakasih telah meluangkan waktu untuk berkunjung ^^ baik yang sedang mampir biasa atau sedang melihat bacaan tutorial ini, saya harap tutorial ini akan menjadi salah satu tutorial yang juga bermanfaat bagi yang ingin mempelajari hal-hal basic semacam ini.  Actually, tutorial ini aku ambil dari Tumblr. Maksudnya, seni grafis ‘slender face’ ini cukup terkenal di sana /sudah tahu~/  mungkin yang sudah tahu atau yang sudah pernah memakai jenis grafik sudah biasalah ‘-‘ tapi ada beberapa hal yang saya ciptakan maupun orang lain bagaimana menciptakan wajah itu benar benar rata. Lets chek it out!

 

Guys… ada beberapa macam tools yang bisa digunakan untuk membuat slender face ini. Beberapa diantara macam tools yang dapat kita gunakan yaitu :

 : Spot Healing Brush – Shortcut (J), digunakan untuk menghapus noda pada sebuah foto ataupun gambar

 : Patch Tool – Shortcut (J), digunakan untuk memperbaiki foto dengan cara memanfaatkan pola yang terdapat pada foto tersebut. Perbaikan dilakukan dengan menyeleksi kerusakan area kemudian menarik seleksi tersebut diatas pola target untuk menutupi area kerusakan.

 : Clone Stamp Tool – Shortcut (S), digunakan untuk mengambil sample dari sebuah area gambar kemudian mengkloning / menerapkan sample tersebut untuk dilukiskan diatas area foto lain berdasarkan sample foto yang diambil.

 : Brush Tool – Shortcut (B), digunakan untuk melukis foto atau gambar dengan goresan kuas berdasarkan warna depan (foreground color) yang telah dipilih.

Tapi tools yang biasa saya gunakan yaitu : Patch Tool / Clone Stamp Tool. Bagaimana cara pemakaiannya? ayo kita lihat ^^

 

1. Open your app (Photoshop) Cs berapa aja. Disini saya memakai Photoshop Cs6.

w1

2. Buka contoh gambarnya yang kalian inginkan. Disini saya memakai Xi Luhan untuk experimen saya 😀

original (3)

3.   Sebelum pengerjaan, klik layer gambar -> duplicate layer [ctrl + J] -> lalu klik mata layer originalnya untuk hiden.w2

4. Disini saya akan memulai ‘slender face’nya dari mata-hidung. Menggunakan Patch Tool. Klik Pacth tool -> buat pola yang diinginkan -> lalu ubah/geser gambar yang diseleksi dengan perlahan-lahan.w3

w3_1

Dan hasilnya :

 

w3_2

          *Jika menggunakan Clone Stamp, klik Clone Stamp Tool -> klik layer gambar -> klik Alt + arahkan kursor ke sample yang sesuai. 

Dan hasilnya :

w4

5. Untuk hasil akhir, kita bisa menggunakan brush sebagai penutupnya. Pilih color #f8ebe0 lalu atur brush dengan hardness 0 -> Atur opacitynya menjadi 45-60%. Tambahkan layer baru -> lalu sapukan warna dilayer tersebut.

w5

Ubah blending modenya menjadi Burn Tool.

 

dan hasil akhirnya.. Tara~

blank_face_lulu1

Horay! selesai~ Bagaimana? Belum bagus’sih memang.. saya masih butuh pembelajaran yang banyak.. so, jika ada yang perlu ditanyakan silahkan bertanya. Dan satu lagi. DON’T COPY PASTE & LEAVE YOUR STEP! Hanya diizinkan untuk me-reblog. Source by  http://tomymeilando.blogspot.com/2011/08/fungsi-tool-tool-pada-photoshop.html

Tutorial ini ditulis oleh saya : AhnLien.

Baik cukup sekian.. mohon maaf jika ada kesalah kata dan typo yang bertebaran. Terimakasih kembali telah berkunjung ^^

78 Comments Add yours

  1. Livia W berkata:

    Thanks tutornya Kak 😀

    Suka

    1. AhnLien berkata:

      iya sama-sama ^^ semoga bermanfaat 😀

      Suka

  2. simpleshine berkata:

    Huwaaaa!!!!! Halo, kakak!!!!! >_<
    Akhinya dibuka juga Wpnya… 😀
    Okey! Makasih ya tutorialnya. Membantu sekali 😀

    Suka

    1. AhnLien berkata:

      halo juga ^^ iya nih aku merasa kasihan saja di penjara :’) /lol/ sama-sama ^^ semoga bermanfaat~

      Suka

  3. bboness berkata:

    Ah aku juga suka pake clone stamp untuk beberapa poster xD
    makasih ya ini tutornya sangat membantu :)))

    Suka

    1. AhnLien berkata:

      akhir-akhir ini aku juga suka pakai clone stamp kalau panik gak bisa nge remove object yang ganggu kayak noda bandel /lol/ iyap sama-sama ^^ semoga bermanfaat 😉

      Suka

  4. soshiwallpaper berkata:

    Akhirnya nemu juga tutor ginian,soalnya denger2 kyk gini harus pake plugin lagi & harus download dulu,ternyata enggak,walaupun blm dicoba sih lol,nanti dikira baca gk ijin lagi,thanks :*

    Suka

    1. AhnLien berkata:

      kok aku baru tau ada pluginnya ‘-‘? /ketauan kudet/ ayo dicoba-coba aja ^^ sama-sama dan semoga bermanfaat~ 😉

      Suka

      1. soshiwallpaper berkata:

        OK ^^

        Suka

  5. popowiii berkata:

    Makasih tutornya, Kak Al~ Jadi bisa belajar bikin faceless yang warnanya rapi 🙂 Terus berkarya, Kak~

    Suka

    1. AhnLien berkata:

      oke terimakasih ^^ semangat juga untuk kamu 😀

      Disukai oleh 1 orang

    2. AhnLien berkata:

      semoga bermanfaat ^^

      Suka

  6. mimyjo_ berkata:

    Uwwooo thanks ya tutornya^^, membantu banget suer /eh
    Oiya aku pengunjung baru diblogmu, salam kenal ya^^

    Suka

    1. AhnLien berkata:

      sama-sama ^^ salam kenal juga 😉 semoga bermanfaat :))

      Suka

  7. a p p i n e e berkata:

    halo kak theaa, maaf baru RCL sekarang daku lupaa;3 YEAY SUCCESS blankfacenyaa ohoyyyy ^^ makasii buanyaak ka theaa, jasamu kuinget selaluu teruslah bekaryaaaa

    Suka

    1. AhnLien berkata:

      akhirnya apin bisaaa 😀 seneng deh apin bisa menyelesaikannya dengan baik 😀 sama-sama ^^ ini masih belum seberapa :3 #haik (_ _) terimakasih kembali telah mempelajarinya :’D

      Disukai oleh 1 orang

      1. a p p i n e e berkata:

        hehehe iyaa^^ hihi, aku aja belum pernah buat tutorial loh/sedihsedih/ heheh okee:D

        Suka

      2. AhnLien berkata:

        utang tutorial di CP harus dikelarin tuh ‘-‘ bentar lagi Maret ‘-‘ aku mau liat hasil prmu dong /?/ :3

        Suka

      3. a p p i n e e berkata:

        hehehe iya xD pr nya yg mana kaak/?

        Suka

      4. AhnLien berkata:

        pr tutorialmu aku mau liat dumz ‘-‘)/

        Suka

      5. a p p i n e e berkata:

        okee, ditunggu ya kak:’3 memang kalau di CP, boleh engga sih buat tutorial tapi posternya bukan hasil request-an gituu/?

        Suka

      6. AhnLien berkata:

        disarankan katanya kak rima harus dari request ‘-‘) yah seenggak poster itu dari poster CP :3

        Suka

  8. blacksphinx berkata:

    Theaa,, ini tutornya kece yaampun.. serius.
    Jadi inget pas eskul desain kemarin, kakak kelas pada nyontohin kayak gini, tapi aku cuma cuek.-. *plak xD
    Thanks ya, jadi tau ini toolnya yang digunain apa aja :’))

    Suka

    1. AhnLien berkata:

      iya sama-sama ^^ /akhirnya kak irma berani berkunjung :’ #slapped#/ eskul desain? kalau disekolahku adanya jurnalistik ‘-‘ tapi ini juga belajar awal dari pelajaran TIK /lol/ aku mampir loh di galerry kakak, sumpah.. aku melted ;-;

      Suka

      1. blacksphinx berkata:

        ahaha, aku emang jarang blogwalking, sekalinya blogwalking, blogmu tidak terjamah*Apa ini;-;
        ada.. sebenernya eskul komputer, cuma dibagi 2 (program sama grafis). Nah, kalau aku ambil yang grafis, berhubung aku udah lupa sama kode html T^T di TIK juga ada sebenernya 😀

        AAA udah ke gallery,;-; padahal perasaan artmu lebih lho thea.. ciyus ini mah aku ngomongnya :))

        Suka

      2. AhnLien berkata:

        kode html? aku paling males megang html /lol/ soalnya aku bingung pake yang div style itu ‘-‘ enak sekali seperti kalaua da eskul desain grafis :’)) disekolah ku belum ada ‘-‘ SMA yang aku tuju adanya jadi desain film /?/

        Tapi artku masih dibawah kak irma ;-; kakak udah mulai pro.. aku masih butuh banyak refrensi :’)

        Suka

      3. blacksphinx berkata:

        Emang enak kalau ada eskul desain grafis kyk gitu… kakak kelasnya juga asik-asik.. tapi minggu kemarin nggak pada serius, malahan pada main game CS xD tapi pembinanya nggak marah, sih..
        ke SMA 1 Pekalongan aja,, disana ada sekitar 16 organisasi, asik lhooo*maksa

        Kalau ngomong soal art, menutuku udah susah, soalnya pandangan orang beda-beda,,, tapi sebenernya aku jg masih butuh banyak referensi ini.. xD

        tapi masing2 artworker itu bakal ngalami tahapan demi tahapan, dan lama kelamaan artnya bakal lebih bagus dari sebelumnya.
        Artworker favoritku sampai sekarang itu kak melurmutia.. :))

        Suka

      4. AhnLien berkata:

        aku di surabaya kak ;-; agak jauh ke pekalongannn :’))

        iya sih kak, emang butuh tahapan, gak langsung instan kayak mi sedap ayam spesial /lol/ sama dong kak ^^ aku juga suka banget karya-karyanya :)) adalagi artworker yang aku suka selain kak Melurmutia ; Lightseeker, Hanhyema, sama kiyorel :’)) kakak juga masuk ke list artwork favorit aku loh :” /huks

        Suka

      5. blacksphinx berkata:

        Wah, aku masuk dalam list artwork favorit.. *terhura :”

        Kamu jg kok.. aku sering stalking cafe poster buat cari inspirasi.. postermu termasuk keren lho thea, aku ngomong serius nih.. 😀

        Pekalongan-surabaya jauh banget ealah.. dulu aku pernah ke surabaya waktu kelas 8(studytour). Surabaya itu bersih, banyak pohon gitu.. *nahlo xD

        Suka

      6. AhnLien berkata:

        hihiw~ ;3 iya dong kak.. art kakak bikin aku meleleh setiap saat /lol/

        iyakah? terhuraa deh… terimakasih yang banyak :’))) buat pekalongan aku sering lewat kok bolak-balik ke Jakarta.. hehehe, mangkanya itu aku pengen jalan-jalan kesana XD

        Suka

      7. blacksphinx berkata:

        Hahay.. bahasanee..
        Pekalongan itu sbenernya nggak kalah indah, tapi jangan liat sungainya kalau ke pekalongan.. oke? bahasane “ora nguati” xD

        Suka

      8. AhnLien berkata:

        sungainya males aku liatnya.. tapi buat pemandangannya bener-bener fresh.. ‘-‘ mangkanya aku beli baju suka di pekalongan ‘-‘ /nyuri pemandangan/ /lol/ XD

        Suka

      9. blacksphinx berkata:

        sungainya sangat berwarna, ngalahin warnanya pelangi xD
        haha, ke pekalongan cuma beli baju, serius km? xD

        Suka

      10. AhnLien berkata:

        aku punya bajunya.. udah kecil sih /LOL/ XD oh ya kak btw.. itu buat galerry slide gitu gimana caranya ya kak? ‘-‘ aku mau coba pakai buat gallery blog ku itu ‘-‘ /uhuk/

        Suka

      11. blacksphinx berkata:

        itu pakai vertical scroll apa.. gitu.. lupa.-.

        letakkan ini

        di spasi sebelum div yg ditutup itu ada html gallerynya. Editnya di versi html 😉

        Suka

      12. AhnLien berkata:

        yang gambarnya itu loh kak ‘-‘ itu bisa slide gallery itu gimana ‘-‘ ?

        Suka

      13. blacksphinx berkata:

        nggak bisa.. ada fb atau selainnya nggak? aku kirim lewat chat aja. di komen nggak keluar soalnya T^T

        Suka

      14. AhnLien berkata:

        oh ini -> Alethea Sugiharto Wijaya / @Al3thea_2 add aja, nanti aku coba chek ^^

        Suka

      15. blacksphinx berkata:

        udah ya 😀 sorry, drtd gabisa muncul di komeng T^T

        Suka

      16. AhnLien berkata:

        ah iyaaa woles aja kak 😀

        Suka

      17. blacksphinx berkata:

        nggak masuk, ya?

        [

        ]

        hapus tanda>> []

        Suka

      18. AhnLien berkata:

        oh oce ‘-‘

        Suka

  9. leesinhyo berkata:

    HAI KAK THEAAA YANG CANTEKZZ ZEKALEHHH POSTERNYA /GUBRAK/ abis akukan gak tau muka kakkak tp pasti cantik yaa kayak posternya… >.< makasih bangett tutornya membantu banget dehhh, hasilnya mulus unyu2 tapi jd flashback lulu oppa masih diEXO T_T Aku waktu itu pernah nyoba tapi ga mulus buangett hueek hueek deh wkwkw.. sekali lagi KAMSAHAMNIDA ❤ ❤

    Suka

    1. AhnLien berkata:

      hihi makasih ^^ mau tau wajahku? coba kamu chek di facebookku :3 jangan lupa add aku ya~ /promosi/
      Syukurlah bermanfaat ;)) kalau aku flashback masa-masa mereka lagi main drama wolf ‘-‘ /ehek/ ayo dicoba perlahan-lahan pasti bisa ^^ sama-sama~ ayo semangat sinhyo! 😀

      Suka

      1. leesinhyo berkata:

        yahh aku gak punya facebook, abis aku belum 17 tahun.. T_T huhuhu wkkwkw nanti kapan2 klo dah 17 tahunn yaaa, exactly 4 tahun lagii (LAH:v)
        wkwkwk jangan gitulahh nanti aku meweekk lagiiiii,
        sipp makasih ya kak theaa aku akan mencobanyaa! hwaiting!! smoga bisa semulus hasil kakak

        Suka

      2. AhnLien berkata:

        klik aja link facebook di about ^^ gak harus punya facebook kok 😀 /pemaksaan/ yahhh tisu ku abis.. jangan nangis yaa :”
        Pasti bisaa ayo~ 😀

        Suka

      3. leesinhyo berkata:

        wkwkwk sipp okehh aku meluncur kakk.. maap kuset klo soal sosmedd, biasa anak ingusann

        Suka

      4. AhnLien berkata:

        aku seumuran kamu juga baru aktif sama sosmed loh, so, woles aja oke 😉 nanti balik lagi ya kalau udah mampir ke facebook ^^

        Suka

      5. leesinhyo berkata:

        KAK THEAAAAAAAAAAA~Aku dah buka, dan TERNYATA!!! kakak hijabersssssss >..<

        Suka

      6. AhnLien berkata:

        hehe aneh kah daku ‘-‘?

        Suka

      7. AhnLien berkata:

        hehe iya ^^ aneh ya? ‘-‘

        Suka

      8. leesinhyo berkata:

        kagakk cantikzz unyu unyuu bangetttttt kayak akuu (LAH -_- sinhyo kenapa??) lucu tauuu, masa aneh kyk gitu?? kalau kakak aneh, aku apaa??? ANEH SANGAT?? hihihih

        Suka

      9. AhnLien berkata:

        Biasa aja kok XD kalau unyu kayak Lee Hi sih emang benar :3 /lol/ Kamu pasti juga unyu :3 lebih unyu kayaknyaa /XD

        Suka

      10. leesinhyo berkata:

        JIAHHH O_o jauh pisan atuh kakk.. iyaiin aja deh, daripada bonyok… makaseh kakk gakk lohh aku tdk unyuu, hanya mirip sunny snsddd

        Suka

      11. AhnLien berkata:

        kejauhan kayaknya :3 /ups/ ya udah kita berdua unyu oke?? X3

        Suka

      12. leesinhyo berkata:

        oke okeoke! itu baru setujuuu hehehe /nyengirNaga/ 😀

        Suka

  10. nita arivin berkata:

    thea!!!!
    aku baru baca tutorialnya.. oh jadi caranya gitu. dulu aku cuma urek-urek pake clonestamp wkwkwk..

    btw, tutorialnya bermanfaat dan blog mu serem euy wkwkwk
    ghotic gimana gitu hihi

    dah thea.. aku pergi ya!!

    Suka

    1. AhnLien berkata:

      biasa aja kok kak :’)) masih bagusan blognya kak nitaa :’)) aslinya kegunaan clone stamp sama patch tool sama kok ^^ cuman tekniknya aja yang beda 😉

      jangan pergi please.. aku tanpamu, butiran debu ;’ /lol

      Disukai oleh 1 orang

      1. nita arivin berkata:

        blog aku mah enggak bagus, standar wordpress temanya juga gak pake html aneh wkwkwk

        aku pergi ya..
        bye~~~ /plakk/

        Suka

      2. AhnLien berkata:

        janganpergimeninggalkanakupliss;-; #alay# headernya itu yang membuatku melted :’3 tampilannya lebih unyu dan simple XD

        Disukai oleh 1 orang

      3. nita arivin berkata:

        kamu malah bikin aku takut.. backsound suaranya T0T

        Suka

      4. AhnLien berkata:

        gak ada suara kotak musik lainnya jadi sementara pakai kotak musik yang itu dulu ‘-‘ /polos/

        Disukai oleh 1 orang

      5. nita arivin berkata:

        THEA GHOTIC WKWKWK

        Disukai oleh 1 orang

      6. AhnLien berkata:

        uyeahh~ XD

        Disukai oleh 1 orang

  11. rahandri berkata:

    Thx! Tutornyaa

    Suka

    1. AhnLien berkata:

      sama-sama 🙂

      Suka

  12. parkkarin813 berkata:

    Uwaw.. Makasih tutorialnya.. 😀

    Disukai oleh 1 orang

    1. AhnLien berkata:

      sama-sama ^^ semoga membantu~

      Disukai oleh 1 orang

  13. Luvstory~ berkata:

    Makasih tutornya^^

    Suka

    1. AhnLien berkata:

      ur well^^ semoga bermanfaat~

      Suka

  14. liakyu berkata:

    Hai Thea, salam kenal ya.
    aku lia garis 96 xD
    Tutornya bermanfaat sekali^^
    Thanks yaa

    Suka

    1. AhnLien berkata:

      Hai kak lia, welcome 😀 terimakasih telah datang, semoga bermanfaat X) salam kenal juga ^^

      Suka

  15. hanhra berkata:

    thanks for tutornya ya^^

    Suka

    1. AhnLien berkata:

      You’re welcome 🙂

      Disukai oleh 1 orang

  16. reviiina berkata:

    hai! ini bermanfaat sekali! terimakasih untuk tutorialnya ya!
    salam kenal, Ref garis 00 🙂

    Suka

    1. avelineheart berkata:

      Sama-sama ^^
      Thea, 00line, salam kenal juga ya~

      Suka

      1. reviiina berkata:

        hehe, izin reblog juga ya 🙂

        Suka

      2. avelineheart berkata:

        silahkan ^^

        Suka

Tinggalkan Balasan

